Senin, 15 Juni 2015

Teknik - Teknik Dalam Permainan Gitar

       Terdapat banyak teknik yang ada di dalam permainan gitar, kita akan mengupas sebagian dari teknik - teknik gitar, contohnya : Hammer On, Pull Of, Bend, Release Bend, Slide, Vibrato... dan masih banyak lagi, mari kita mengupas bersama

1. Hammer On
          Hammer On dapat dilakukan dengan memetik sebuah not dan kemudian menekan (bukan memetik) not yang kedua... misalkan kita memetik senar 1 fret 1 lalu kita menekan senar 1 fret 3.... itulah yang disebut dengan Hammer On. Hammer On tertulis di tab seperti ini :

Note : Syarat dari Hammer On adalah not yang kedua harus lebih tinggi daripada not yang pertama, contohnya not pertama adalah senar 1 fret 1 dan not kedua adalah senar 1 fret 3.... sedangkan jika not pertama adalah senar 1 fret 3 dan not kedua adalah senar 1 fret 1... tentu Hammer On tidak akan berbunyi... Oleh Karena itu ada teknik Pull Off

2. Pull Off
           Pull Of dapat dilakukan dengan memetik sebuah not (not pertama) kemudian not yang pertama ditarik ke bawah sehingga menghasilkan suara yang lebih rendah dari not pertama, Teknik ini adalah kebalikan dari Hammer On. Pull Of Tertulis di tab seperti ini :

3. Bend
           Bend dapat dilakukan dengan cara memetik senar kemudian senar nya dinaikkan sehingga menghasilkan suara lebih tinggi, Bend ini sering digunakan saat bermainan permainan Solo. Bend tertulis di Tab seperti ini :
 Note : Jika Bend 1/2 maka Bending sehingga menghasilkan suara yang sama dengan 1 fret setelahnya. Jika Bend 1 maka Bending sehingga menghasilkan suara yang sama dengan 2 fret setelahnya

4. Release Bend
            Release Bend persis seperti Bend, tapi teknik ini digunakan untuk melepas Bend. Release Bend tertulis di Tab seperti ini :

5. Slide
            Slide dapat dilakukan dengan cara memetik senar kemudian mendorong / menggeser jari (tanpa dilepas) ke not yang lebih tinggi / lebih rendah, contohnya jika ingin senar 1 fret 1 ke senar 1 fret 3, jadi tinggil memetik senar 1 fret 1 lalu menggeser jari (tanpa dilepas) ke senar 1 fret 3. Slide tertulis di Tab seperti ini :
6. Vibrato
           Vibrato dapat dilakukan dengan cara memetik senar kemudian melakukan bend secara konstan (terus menerus). Agan tinggal melakukan Bending ke atas lalu Bending ke bawah secara terus menerus untuk membuat suara berjalan. Vibrato tertulis di Tab seperti ini :
7. Wide Vibrato
           Wide Vibrato sebenarnya sama saja dengan Vibrato hanya saja Wide Vibrato memiliki penekanan ke atas dan ke bawah yang lebih besar. Wide Vibrato tertulis di Tab seperti ini :
7. Dead Note
             Dead Note adalah mematikan not dengan tangan kiri, teknik Dead Note dapat dilakukan dengan cara tidak terlalu menekan senar, artinya senar tidak ditekan sehingga jika dipetik tidak menghasilkan bunyi. Dead Note tertulis di Tab seperti ini (X) :
8. Up / Down Stroke
               Up / Down Stroke dapat dimainkan dengan cara membunyikan semua not yang sejajar, Up / Down Stroke dapa juga disebut dengan Menggenjreng. Down Stroke berarti menggenjreng ke bawah
sedangkan Up Stroke berarti menggenjreng ke atas. Up / Down Stroke tertulis di Tab seperti ini : 
Demikian untuk artikel ini, semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar